Sunday 29 December 2013

Menjadi Pebisnis/ Pengusaha?? Kenapa Tidak!

Banyak kok yang ingin sukses menjadi pebisnis/ pengusaha. Saya percaya salah satu anggapan terbesar yang sangat mempengaruhi mereka adalah anggapan bahwa untuk memulai sebuah bisnis itu membutuhkan modal yang sangat besar.
Siapa bilang semua bisnis membutuhkan modal yang sangat besar?



Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjadi pebisnis, yaitu :


1. Riset
Sebaiknya tujuan membangun bisnis bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan semata. Tapi juga berdasarkan visi. Oleh karena itu kita perlu melakukan riset untuk menemukan Visi dalam bisnis yang akan kita jalani. Hasil riset bisa menjadi peluang usaha. Dengan riset kita bisa mengetahui ada atau tidaknya konsumen untuk produk yang akan kita tawarkan.

2. Membuat Konsep dari Hasil Riset
Misalnya anda mampu merekatkan hubungan sosial disemua kalangan atau mampu menjadi semacam manajer untuk memperlancar bisnis dan hubungan sosial Anda, dsb.
3. Perencanaan Anggaran
Bangunlah bisnis sesuai dengan visi Anda, di mana budget yang akan menyesuaikan, dan bukan sebaliknya. Jika budget kurang memadai, carilah yang bisa Anda ajak untuk kerjasama. Agar tidak rugi (karena pengeluaran yang berlebihan), sebaiknya Anda melebihkan anggaran untuk 3 bulan produksi. Jika dalam 3 bulan pertama belum mendapatkan keuntungan, dana tersebut bisa digunakan.

4. Trial and Error
Trial and error sangat diperlukan untuk mengetahui keberhasilan usaha Anda. Kalaupun berhasil, Anda belum berada di posisi aman. Gempuran pasar yang semakin pesat, bisa menjadi salah satu cobaan. Mempertahankan eksistensi sebuah usaha disebut lebih sulit daripada merintis usaha. Tapi jika Anda sudah memiliki strategi, Anda pasti bisa bertahan.


Anda Bisa Bertahan dengan menguasai 4 strategi ini :
  • Fokus terhadap apa yang sudah Anda rencanakan sejak awal. Ini akan membuat bisnis Anda berbeda dengan yang lainnya.
  • Dinamis. Usaha harus bersifat dinamis. Sebaiknya ikuti perkembangan pasar untuk melihat apa yang diminati para konsumen untuk memenuhi kepuasan konsumen. Namun hindari terlalu mudah mengubah konsep awal. Lakukan inovasi yang bisa menciptakan keunggulan dalam persaingan.
  • Mengamati perkembangan pesaing, untuk menciptakan strategi di tengah persaingan.
  • Konsistensi terhadap standar kualitas yang sudah Anda tetapkan. Banyak usaha yang gulung tikar akibat mengurangi kualitas produk atau jasa.

Apa pilihan Anda? PT/ CV/ Bisnis Online?? 
Saat ini bisnis online menjadi pilihan favorit banyak pengusaha pemula. Berikut keunggulannya :

1. Praktis 
Display produk secara online pasti lebih murah dibandingkan dengan offline.

2. Jangkauan Area 
Jangkauan konsumen bisa sangat luas, mencakup seluruh nusantara, bahkan lintas dunia. Jika offline, konsumen Anda terbatas pada daerah sekitar lokasi.

3.Hemat Biaya 
Membuka bisnis online lebih murah biayanya dibandingkan offline.

4.Waktu Operasional
Operasional offline hanya terbatas pada jam kerja, berbeda dengan online yang tidak terbatas waktu.


Source : Goodhousekeeping Edisi April 2013 halaman 94
              Vemale.com



Rizka Meliani
Oriflame Beauty Consultant
PIN : 764BAA92
E-Mail : rizka_meliani28@yahoo.com
Path : Rizka Meliani
Web/ blog : www.sukses-cerdas.com / www.rizka-meliani.blogspot.com



No comments:

Post a Comment